oleh

Bebas Polio, Pemkab Tala dapat Penghargaan Daerah

mediapublik.net, Pelaihari

Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI atas keberhasilan mencapai target Non-Polio Acute Flaccid Paralysis (NPAFP) tahun 2021.

Penghargaan ini diberikan kepada Tala setelah menjadi salah satu daerah bebas dari penyakit polio dan berhasil mencapai standar nilai sebuah daerah yang menyandang status Non-Polio AFP.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Tala Antonius Jaka ditemui di ruang kerjanya pada Senin (14/2/2022) menyampaikan bahwa Pemkab Tala telah berhasil dalam meningkatkan imunisasi maupun surveilans AFP alias tindakan pemantauan terhadap kasus lumpuh layu secara mendadak tanpa disebabkan oleh ruda paksa terutama dalam beberapa tahun belakangan.

“Penghargaan yang kita dapat ini karena telah mencapai target Non-Polio AFP atau lumpuh layuh secara mendadak yaitu sebanyak 4 orang anak dengan usia dibawah 15 tahun setelah melewati tahap pemeriksaan, ini bukti bahwa teman-teman yang melakukan survailans baik di Puskesmas, Rumah Sakit, dan kabupaten itu aktif dalam menemukan dan melaporkan kasus-kasus AFP yang terjadi di Tala selama setahun 2021 kemarin” kata Antonius Jaka.

Adapun sebuah daerah yang menyandang status non polio AFP harus mencapai standar penilaian dari Kemenkes RI antara lain angka perbandingan minimal 2 per 100 ribu populasi penduduk anak-anak berusia di bawah 15 tahun. (MP/Diskominfo Tala).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.