oleh

Bekantan Panjaratan Dikunjungi DPRD Tala

Pelaihari , mediapublik, net

                Desa Panjaratan yang terletak tak jauh 15 km dari ibukota Kabupaten Tanah Laut (Tala)  Pelaihari kini telah banyak dilirik pengunjung wisata yang ingin mengetahui kberadaan Bekantan hewan yang  langka dilindungi dan menjadi  ikon mascot Kalsel.

                Sejumlah anggota Komisi  II   DPRD Tala meluangkan waktunya  Kamis (2/1  ) mengunjungi area konservasi  Bekantan Tala yang terletak diwilayah Sungai Bagandis.  Untuk sampai kesana dengan menyusuri sungai sekita 25 menit  sembari menyaksikan panorama alam yang indah dengan hamparan sawah hutan kecil dan pegunungan.

                Diwilayah  ini  tak hanya hidup ratusan bekantan yang berkoloni  tetapi juga dihuni Kera , Lutung, dan species burung dan hewan lainnya serta sejumlah ikan yang hidup disungai Panjaratan  bahkan menjadi lahan usaha bagi petani ikan.

                Istimewanya DPRD kalsel ini telah terfasilitasi dengan perahu wisata berkapasitas 50 orang yang dimodifikasi untuk kenyamanan  pengunjung   bersantay nyaman aman menikamati perjalanan susur sungai menuju area bekantan.

                Area  Bekantan yang  dikembangkan oleh Gerakan Hijau Peduli Bekantan Tanah Laut  (GAHIPBTA) bersama POKDARWIS kini terus dikembangkan  menjadi wilayah yang akan membius para pengunjung baik lokal maupun dunia untuk bisa berkunjung menikmati alam melihat species hewan langka  ini.

                Ketua Komisi II Edy Purwanto  mengutif komentar Wakil Ketua DPRD Tala Atmari mengatakan  wisata sungai ini perlu dikembangakan namun perlu dimaksimalkan dengan kemasan yang apik dan sarana pendukung lainnya  agar pelayanan kenyamanan pengunjung yang  datang kesini bisa menikmatinya.

                Sekretaris yayasan Bakti Insan Borneo (YABIBO) yang menaungi  Ketua  Gerakan Hijau Peduli Bekantan Tala Amrulah bersama pengurus lainnya  mengucapkan sukur dalam kegiatan lingkungan dan pelestarian bekantan ini sudah mendapat perhatian dari Pemerintah.

Untuk itu dari awal bersama Ketua YABIBO Firdaus kita berkomitmen dalam kegiatannya  terus  meningkatkan  peran aktif dalam menjaga dan melestarikan awasan Hutan Bekantan yang ada.                Ini dikarenakan diwilayah tersebut tak hanya ada Bekantan  tapi juga flora faunan hewan lainnya yang juga disukai oleh masyarakat, jelas pemuda yang mendampingi kunjungan DPRD Kalsel ini. (Daus)  

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.