oleh

Berharap BUMDesaMa dapat membangkitkan perekonomian masyarakat

mediapublik.net, Pelaihari

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Akhmad Hairin menyampaikan jika Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPK) sudah bisa menjadi Badan Usaha milik Desa Bersama (BUMDesaMa) apalagi milik bersama, mencakup beberapa desa akan membawa peluang yang sangat besar.

Hal tersebut beliau sampaikan pada Bimbingan Teknis (Bimtek) Kelembagaan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) di tujuh Kecamatan Kabupaten Tanah Laut (Tala) di Aula Sinar Hotel Angsau Pelaihari Rabu,(27/07/22).

“Seperti Liquefied Petroleum Gas (LPG) yang dikelola oleh pihak kawan kawan swasta, kalo LPG ditangani oleh pihak BUMDesaMa maka tujuan subsidinya akan tepat sasaran kepada ¬†masyarakat kita yang memang memerlukan LPG dalam hal ini gas melon 3Kg, dan pangkalan tersebut banyak dikelola oleh pihak swasta, jika pihak BUMDesaMa yang mengelola maka sangat berpotensi sekali, ada keuntungam disana” Kata Hairin.(03:34)

Dirinya juga menuturkan jika BUMDesaMa juga bisa masuk dibidang perkebunan, karet dan sawit secara teknis dibidang perkebunan dan pertanian juga dapat mendatangkan keuntungan dan untuk perihal pembinaannya secara teknis bisa koordinasi dengan Dinas Permberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Tala. Ia juga berharap BUMDesaMa dapat membangkitkan perekonomian masyarakat.

Diketahui bimtek tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga BPKAD khususnya di tujuh kecamatan Tala dan mempersiapkan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) kepengurusan BPKAD yaitu kepengurusan UPK Eks PNPM untuk menghadapi perubahan menjadi BUMDesaMa.

Bimtek yang digelar selama tiga hari tersebut (27 s.d 29) menghadirikan narasumber dari tenaga ahli pemberdayaan masyarakat kabupaten Tala dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Tala.

Diketahui peserta bimtek terdiri dari tujuh kecamatan yaitu Bati-bati, Bajuin, Takisung, Kurau, Panyipatan, Kintap dan Jorong dengan mengirimkan tiga orang masing masing perkecamatan untuk pengurus BKAD dan empat orang per masing masing kecamatan untuk kepengurusan UPK Eks PNPM.

Turut berhadir Kepala DPMD Tala, Ketua BKAD dari tujuh Kecamatan, Ketua UPK Eks PNPM Mandiri Perdesaan. (MP/Diskominfo Tala)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.