oleh

Bupati HST meminta Tala mendistribusikan kebutuhan ikan laut

mediapublik.net, Pelaihari

Kondisi geografis Kabupaten Tanah Laut (Tala) yang kaya akan sumber daya alam menjadi berkah tersendiri bagi Bumi Tuntung Pandang Tanah Laut.  Bagaimana tidak, adanya lahan pegunungan hingga lautan seolah sudah menjadi jalan bagi masyarakat Tala untuk mendapatkan penghasilan.

Soal kekayaan hasil Laut misalnya, Bupati Tala H. M. Sukamta membeberkan adanya peluang menjadikan hasil tangkapan nelayan Tala tidak sekedar dinikmati masyarakat lokal, namun juga hingga keluar daerah.

Hal itu Bupati akui saat memimpin gelaran Coffee Morning dalam rangka Rapat Koordinasi Pejabat Pemerintah Daerah bertempat di Gedung Sarantang Saruntung Pelaihari, Kamis (17/3).

“Beberapa waktu lalu saya ada berdiskusi dengan Bupati Hulu Sungai Tengah (HST). Menurut Bupati HST, daerahnya tidak memiliki ikan laut. Lalu, beliau meminta kepada saya bisa kah Tala mendistribusikan kebutuhan ikan laut untuk HST,” ujar ┬áSukamta.

Menyikapi hal itu, Sukamta mengajak kepada peserta rapat supaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala) dapat lebih mempersiapkan lagi jika hal-hal lainnya ternyata juga menjadi kebutuhan bagi daerah lain seperti halnya kebutuhan akan ikan laut ini.

“Kita harus lebih siap. Bisa saja nanti ada permintaan lainnya semisal daerah tertentu mau menanam jagung atau ada yang perlu pupuk kandang misalnya,” tuturnya.

Ia menginginkan, segala kesiapan tersebut dapat diwujudkan sebelum agenda Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Se-Kalimantan Selatan nantinya. Jadi, saat pelaksanaan rakorwil nanti, Pemkab Tala sudah memiliki bahan untuk disampaikan kepada daerah lain.

Turut berhadir pada Coffee Morning ini diantaranya Sekretaris Daerah Kabupaten Tala H. Dahnial Kifli, Asisten Bidang Administrasi Umum M. Safarin, Kepala SKPD Lingkup Pemkab Tala dan Camat Se-Kabupaten Tala. (MP/Diskominfo Tala)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.