oleh

Bupati ikuti Rakor strategis dalam peningkatan kinerja pengawasan

mediapublik.net, Banjarbaru

Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta mengikuti Kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) dan Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan (Rakorwasinkeubang) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2021 di Aula Idham Chalid, Kompleks Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Kamis (20/5/2021).

Dengan mengangkat tema “Strategi Pengawasan Dalam Penanggulangan Lahan Kritis dan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kalsel”, Rakor dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel Kalsel Safrizal ZA.

Dikatakan Gubernur  agenda evaluasi ini sangat relevan dengan dinamika, situasi dan kondisi daerah saat ini, dimana hal tersebut menjadi salah satu agenda penting dalam tata kelola pemerintahan dan pembangunan daerah.

Selain itu  memberikan input serta gambaran bagi seluruh stakeholder daerah, sejauh mana upaya dan capaian kinerja kita dalam tata kelola lingkungan hidup di daerah. Bukan hanya pemerintah Provinsi, namun juga bagi pemerintah kabupaten/kota di Kalsel.

“RKPD Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2021 telah memasukkan penanggulangan bencana ini sebagai prioritas daerah. Bukan hanya karhutla, namun juga bencana-bencana lainnya, seperti banjir, longsor dan lainnya,” ungkapnya.

Semoga rapat koordinasi ini dapat dijadikan momentum bagi kita semua untuk melakukan langkah strategis dalam peningkatan kinerja pengawasan di tingkat pemerintah daerah dan sebagai upaya nyata untuk memaksimalkan pencapaian target-target kinerja pembangun daerah, ujar Safrizal.

Bupati Tala mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Tala akan mengutamakan dan memfokuskan masalah pencegahan Karhutla.

“Dari bulan Maret lalu kita telah melakukan skenario pencegahan Karhutla ini, wilayah-wilayah rawan telah kita petakan. Saya juga mengajak seluruh unsur masyarakat Tala untuk peduli dan siaga terhadap Karhutla,”tutur Sukamta (MP/Prokopim).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.