oleh

Sekda targetkan minimal SAKIP berada pada indeks 70

mediapublik, net, Pelaihari

Sekretaris Daerah (Sekda) Tala H Dahnial Kifli saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Tindak Lanjut Laporan Hasil Evaluasi SAKIP Tahun 2020, bertempat di Ruang Barakat Sekretariat Daerah (Setda) Tala, Jum’at (21/5).

Dalam pesannya Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Tanah Laut (Tala) Tahun 2020 mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, namun demikian beberapa catatan evaluasi dan perbaikan akan tetap menjadi perhatian khusus dan harus segera ditindaklanjuti.

“Nilai SAKIP Tahun 2020 memang ada peningkatan dibanding tahun 2019, namun masih pada indeks 60an dari total nilai 100. Ini harus kita diskusikan dan evaluasi, sesuai arahan Pak Bupati, untuk penilaian SAKIP selanjutnya kita target minimal berada pada indeks 70”, ungkap Sekda kepada peserta rapat.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) memberikan nilai 65.88 untuk SAKIP Tala Tahun 2020. Nilai tersebut mengalami peningkatan 0.99 dari nilai SAKIP Tala Tahun 2019 yaitu 64.89.

Perlu diketahui, SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Laporan SAKIP terdiri atas dokumen perencanaan, pengukuran, pelaporan, evaluasi dan capaian kinerja dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“SAKIP ini harus disikapi dengan serius oleh seluruh SKPD, karena penilaian tersebut bukan hanya angka semata namun juga sebagai tanda bagaimana kinerja, target pembangunan dan pelayanan kita kepada masyarakat”, pungkas Dahnial.

Turut berhadir pada rapat tersebut, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Tala Safarin, Kepala Bagian Organisasi Setda Tala Andi Mashabi, serta perwakilan SKPD terkait. @ Sekretariat Daerah Kab. Tanah Laut. (MP/ Prokopim)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.