oleh

Bupati Tanah Laut Ajak Masyarakat Bangga Gunakan Produk Lokal

mediapublik.net, Banjarmasin

Bupati Tanah Laut (Tala) H. M. Sukamta mengajak masyarakat agar bangga menggunakan produk lokal saat dirinya menjadi narasumber pada program Talkshow Kalsel Hari Ini di Studio 1 TVRI Kalsel, Sabtu (30/7/2022) petang.

“Mumpung ini momen tahun baru Islam 1444 hijriyah, mari kita hijrahkan pemikiran kita yang awalnya terbiasa membanggakan produk asing, sekarang bangga dengan produk dalam negeri. Karena faktanya, produk lokal kita tidak kalah hebat,” ujar Sukamta.

Bukan sekedar mengajak, Sukamta bahkan menceritakan bagaimana ia bersama pemerintahan yang ia pimpin dapat mewujudkan kecintaan terhadap produk lokal dan mampu memberikan dampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat melalui penggunaan APBD.

“Arahan pemerintah pusat sekarang ini agar daerah memiliki toko daring dan e-katalog lokal. Saya bahkan telah memikirkan itu sejak 2019. Karena tidak ada belanja terbesar kecuali dari pemerintah. Makanya, kita ingin anggaran belanja pemerintah itu dapat terserap oleh masyarakat. Maka, kami launching toko daring pada akhir 2020 lalu bernama Sistem Order Semua Instansi Lingkup Tanah Laut alias Sosialita,” beber Sukamta.

Bahkan yang membanggakan lagi bagi Sukamta, hingga saat ini transaksi di Sosialita sudah mencapai 15,8 Milyar. Ini pun belum termasuk 5,6 Milyar yang masih berproses. Apalagi semua penyedia pada aplikasi ini berasal dari sekitar 600 UMKM di Tala.

Selain toko daring, Pemkab Tala juga mulai menyiapkan e-katalog lokal dengan dilengkapi 10 etalase. Tentunya, hanya mereka warga Tala yang memiliki izin usaha di Tala dapat bergabung di e-katalog lokal ini .

“Alhamdulillah, dari hasil monitoring kita sudah 93 persen menggunakan produk dalam negeri. Inilah kesungguhan kami membangun Tala,” lanjut Sukamta.

Selain APBD, Sukamta juga ingin APBDesa dapat memaksimalkan kehadiran toko daring dan e-katalog lokal Tala. (MP/Diskominfo Tala)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.