oleh

Bupati : lomba desa dan kelurahan diharapkan pemicu desa lebih cepat berkembang

mediapublik.net, Pelaihari

Bupati Tanah Laut (Tala) H. M. Sukamta didampingi  Sekretaris Daerah Tala H. Dahnial Kifli menyerahkan tropi kepada para Juara Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten Tala tahun 2022 sesaat sebelum menjadi Pembina Apel Kerja Gabungan Lingkup Pemerintah Kabupaten Tala pada Senin (1/8/2022).

Desa Sumber Mulia Kecamatan Pelaihari keluar sebagai terbaik satu pada lomba desa tingkat Kabupaten Tala tahun 2022 disusul oleh Desa Bluru Kecamatan Batu Ampar dan Desa Padang Kecamatan Bati-Bati.

Adapun Kelurahan Karang Taruna menjadi Kelurahan terbaik satu pada lomba kelurahan tingkat Kabupaten Tala tahun 2022 dan menjadi harapan tiga pada penilaian tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa lomba desa dan kelurahan diharapkan menjadi pemicu semua desa untuk lebih cepat berkembang. Ia berharap kepada semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dapat memberikan dukungan untuk pengembangan desa agar pada tahun 2023 di Tala tidak ada lagi desa dengan kategori tertinggal.

“Semoga lomba desa/kelurahan ini bisa menginspirasi desa-desa yang lain untuk terus berkembang. Tahun depan saya tidak ingin masih ada desa tertinggal, minimal paling rendah desa di Tala pada level desa berkembang. Mari kepada semua SKPD terkait untuk kita bersama-sama memberikan dukungan kepada semua desa agar lebih banyak lagi desa mandiri dan desa maju di Tala,” kata bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tala H. Bambang Kusudarisman mengungkapkan bahwa penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten Tala dilakukan oleh Tim Penilai yang berisikan perwakilan seluruh SKPD Pemkab Tala. Ia juga mendorong melalui lomba desa dan kelurahan ini bisa lebih memperbaiki pelayanan yang ada di desa sehingga lebih baik lagi.

“Penilaian pada lomba desa/ kelurahan meliputi semua aspek mulai dari administrasi desa, profil desa, sampai dengan kelembagaan yang ada di desa seperti BUMDes dan PKK desa. Kita ingin lomba ini menjadi pemicu semangat membangun desa agar lebih baik lagi kedepan,” kata Bambang.

Kepala Desa Sumber Mulia Kecamatan Pelaihari Endro Suwarsono menyampaikan rasa syukur usai desa yang ia pimpin menjadi terbaik satu pada lomba desa tingkat Kabupaten Tala tahun 2022. Ia menjelaskan pengembangan yang ada didesanya tidak hanya sekadar untuk mengikuti lomba akan tetapi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kami berterima kasih kepada semua SKPD yang terlibat dalam pembinaan baik dari unsur kecamatan maupun kabupaten. Tujuan besarnya bukan pada lomba tapi bagaimana masyarakat desa dapat merasakan pelayanan yang kami berikan,” kata Endro.

Pada kesempatan ini, bupati juga melakukan beberapa penyerahan dan pelepasan, diantaranya mengalungkan medali emas kepada dua orang atlet berprestasi pada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI Sumatera Selatan, mengalungkan enam medali emas, lima medali perak, dan 11 medali perunggu hasil perolehan pada Pekan OlahragaPelajar Daerah (POPDA) Kalsel tahun 2022.

Menyerahkan penghargaan juara tiga lomba kreasi dan inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kalsel kepada Desa Bumi Asih Kecamatan Panyipatan. Selain itu, bupati juga melepas calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Kalsel dan peserta Jambore Nasional Gerakan Pramuka ke XI tahun 2022 di Cibubur. (MP/Diskominfo Tala).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.