oleh

Dihadiri Wakil Bupati Seruyan, Walikota Banjarmasin buka Festival Budaya Kalimantan

mediapublik.net. Banjarmasin

Event bergengsi sekaligus momentum sebuah dukungan dari warga Borneo (red Kalimantan), Kongres Borneo Raya (KBR) dalam acara Festival Budaya yang dibuka Walikota Banjarmasin Ibnu Sina Jum,at (3/5) adalah pertama kalinya diadakan di Kalimantan.

Demikian komentar Wartawan Kalimantan Barat Iniberita.com, Musa dengan rela untuk datang ke Banjarmasin Provinsi Kaliman Selatan (Kalsel) untuk menyaksikan acara yang menampilkan seni budaya etnis Nusantara.

Ketua KBR dalam acara Festival Budaya (FB)  Bujino A. Salan, SH, MH diakhir acara mengatakan kepada sejumlah wartawan Kongres Borneo Raya ini merupakan kelanjutan dari Simposium yg sudah dilaksanakn sebelumnya di Kalbar 29-31  sudah menghasilkan rekomendasi yang akan disampaikan ke pemerintah pusat  Presiden RI sebagai  masukan dari rakyat adat untuk mendukung IKN.

Selanjutnya Simposium akan dilaksanakan di  Kabupaten Tabalong (Kalsel) , Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dilanjutkan di Tumbang Anoy (Kalteng) untuk memantapkan semangat Persatuan NKRI Borneo dan   berakhir di acara Ritual di Tanah IKN Kalimantan Timur.

Hari ini adalah giliran Banjarmasin Kalsel dalam gelaran Festival Budaya ini tidak  hanya pertama ini saja digelar KBR, tapi mengharapkan  Pemko Banjarmasin  bisa menjadikan event tahunan dan direncanakan tahun 2023  akan dilaksanakan FB ini waktu gelaran  menjadi 1 bulan dalam sebuah ekspo bergengsi yang dipusatkan di Banjarmasin.

Lebih istimewa Malam ini juga akan digelar pertujukan seni dan budaya yang disaksikan Menteri Pariwisata ekonomi kreatif Sandiaga Uno

Sementara itu  Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan  ada 32 etnis di Kalsel, dimana  dengan mereka hidup damai rukun  itu menjadi modal kita untuk mendukung keberadaan IKN yang menjadi ibukota negara baru  di Kalimatan Timur  dan husus di Banjarmasin adalah  menjadi pintu gerbang ibu kota Nusantara.

Dalam sambutannya Ibnu sempat berpantun dengan langgam suara yang merdu, Burung putih hinggap di jambu imbah kejambu tarbang kasungai ayo bapa ibu kita bantu membantu wujudkan Indonesia aman dan damai.

Demi kebangkitan UMKM kita agar keluar dari pandemi , Ibnu ucapkan terimakasih pada Ketua pelaksana yang sudah berinisiatif menggelar kegiatan Festival Budaya, dalam rangkaian acara KBR.

Sedangkan Ketua Panlak FB KBR Aminah  begitu gembira bisa melaksanakna kegiatan ini yang didukung oleh Walikota Banjarmasin serta ucapkan terimakasih kepada para pendukung lainnya semua etnis di Banjarmasin Kalsel dan daerah lainnya  dan para Sponsor .

Begitu juga Wakil Bupati Seruyan  Hj. Iswanti, SE, MM    mengucapakan selamat sukses diselenggrakan nya acara ini , mudah mudahan acara ini bisa mempererat tali silaturahmi Borneo suku Klaimatna hususnya. Semoga dengan even ini yg sudah lama sekali kita tak bisa tatap muka karena covid sekaligus dapat memajukan UMKM dalam even Bazarnya.(Hartawan/Mahdi/ Jaya)

Kedepan berharap agar semua UMKM di Kalimantan dalam event berikut dapat semua Perwakilan di Provinsi di Kalimatan dapat berpartisipasi mengikuti even KBR, Ujar Wabup Seruyan Kalimatan Tengah.  .(Hartawan/Mahdi/ Jaya)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.