oleh

Dinas Pertanian Batola dorong Petani bisa Panen dalam 3 bulan

mediapublik.net, Marabahan

Kabupaten Barito Kuala (Batola)  adalah daerah pertanian yang banyak memberikan sumbangan kepada ketersediaan pangan di Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Pertanian Holtikultura Pemkab. Barito Kuala Hj. Murniati mengatakan peningkatan produksi padi terus dilakukan melalui Program peningkatan IP yakni dari Panen pertama menjadi dua, tiga bahkan menjadi 4 kali dalam setahunnya.

Untuk mencapai tersebut tutur Wanita berhijab ini petani dimintakan melakukan pembenihan   untuk penanaman padi umur pendek, diberikan penyuluhan demi peningkatan produksi tersebut.

Terkait jelang Ramadhan untuk ketersediaan padi  didaerah bumi Ijejela ini, itu tak menjadi masalah dan harga nyapun relative stabil, ujar Murniati disampaikannya pada mediapublik.net Kamis (17/3) di Kantor Dinas Pertanian Marabahan.

Bagi petani yang menanam   sayuran, cabe,  bawang serta buah buahan, Dinas Pertanian, mendorong petani agar bisa panen   dikurun waktu yang cepat  agar bisa ditanam dan segera panen dalam waktu 3 bulan. Semoga harga buah sayur bisa  terkendali, yang jelas stok bisa terpenuhi.

Dalam koordinasi dengan Dinas Pertanian  Prov. Kalsel, Murniiati meminta dukungan terutama untuk penanganan terhadap hama penyakit, agar dapat tertanggulangi.

Dipenutup pembicaraan , Kepala Dinas yang ramah ini berharap  semoga Iklim bersahabat dengan  Petani sehingga  tanamannya dapat terawat dengan baik dan mengahsilkan panen yang memuaskan. Kemudian kepada Petani hendaknya dapat menerapkan apa yang dianjurkan PPL dalam rangka penanaman untuk mendapatkan hasil yang baik. (mahdi).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.