oleh

DINKES Kalsel gelar Edukasi Alat Kesehatan PKRT secara virtual

mediapublik.net, Banjarmasin

Memberikan keamanan dan mutu alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) yang beredar di masyarakat, Dinas Kesehatan (DinKes) Provinsi  Kalsel menggelar Edukasi Alat Kesehatan PKRT Tahun 2021 secara virtual.

Kegiatan secara virtual ini diikuti 148 peserta terdiri atas Penanggung Jawab Program Alat Kesehatan, PKRT Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Tenaga Kesehatan di Puskesmas Kabupaten/Kota, Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit Daerah kabupaten/Kota, Tokoh Masyarakat, Tokoh agama dan organisasi kepemudaan Kabupaten/Kota.

Kepala Seksi Alat Kesehatan dan PKRT Dinkes Kalsel, Masnayanti, S.Kep,Ners, MM mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta edukasi, agar dapat memahami apa yang dimaksud dengan gerakan masyarakat dan bagaimana cara penggunaan alat kesehatan dan perbekalan kesehatan rumah tangga yang baik dan benar.

“Diharapkan peserta sebagai perpanjangan gerakan masyarakat bagaimana penggunaan alat kesehatan yang baik dan benar,” kata Yanti Selasa (28/9) di Banjarmasin.

Menurutnya, masyarakat harus tahu bagaimana cara penggunaan Informasi Alkes dan PKRT yaitu pertama harus memeriksa izin edar, menggunakan alat, memahami indikasi, membaca peringatan dan penyimpanan, mencegah terjadinya efek samping akibat kesalahan penggunaan serta memahami iklan yang benar.

“Dengan pemahaman tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengawasan produk Alkes dan PKRT yang beredar di masyarakat, sehingga masyarakat dapat melakukan pengecekan produk Alkes dan PKRT sebelum memakai maupun membeli,” ungkapnya.

Dimasa pandemi COVID-19 untuk mensosialisasikan ke masyarakat agak kesulitan, dikarena harus mengumpulkan orang banyak. Namun  untuk meatasi hal tersebut, maka di dillakukan sosialisasi melalui zoom dengan mengundang seluruh Kab/Kota,” pungkasnya. 9MP/MC Kalsel/tgh).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed