oleh

DPRD Tala berharap pengerjaan Paslam dipercepat dari waktu yang ditentukan

mediapublik.net, Pelaihari

Bupati Tanah Laut H. M. Sukamta dan Ketua Komisi III DPRD Tala H. Arkani pada Rabu (4/8) meninjau beberapa titik pembangunan yang dijadikan objek penataan kota dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tanah Laut 2018-2023

Pembenahan dan penataan dilakukan dibeberapa titik diibukota Kabupaten Tala Pelaihari ditandai dengan  pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) pada eks bangunan Pasar Lama Kelurahan Pelaihari.

Diteruskan pembangunan pedestrian pada sisi JL. KH. Mansyur Angsau, pembangunan gerbang Masjid Al-Manar dan rencana pembangunan Sport Center pada RTH Hasan Basri.

Bupati Tanah Laut H. M. Sukamta sesaat setelah melakukan peninjauan menyampaikan bahwa pembangunan RTH pada eks bangunan Pasar Lama selain akan digunakan untuk ruang publik juga difungsikan sebagai tempat edukasi dengan menjadikan rumah-rumah tua di sekitarnya sebagai cagar budaya dan menampilkan nama-nama tokoh bersejarah di Tala. Ia pun berharap RTH ini akan mewakili pesan sejarah masa lalu kepada generasi yang akan datang.

“Kita berharap ini menjadi ikonnya Tanah Laut, karena 0 KM Tanah Laut disini, sehingga bisa dikenal oleh masyarakat luas. Mudah-mudahan nanti wisatawan datang dari Batakan, Takisung, atau Batu Lima mereka bisa singgah untuk kuliner di sini dan belanja oleh-oleh di sini,” kata Bupati Tala.

Ketua Komisi III DPRD Tala H. Arkani turut mendukung pembangunan RTH pada eks bangunan Pasar Lama. Mewakili DPRD Tala ia menyampaikan keseriusan pihaknya dalam penataan kota Pelaihari terlihat dari besarnya dana yang digelontorkan. Lebih lanjut ia pun berharap pengerjaan RTH bisa dipercepat dari waktu yang telah ditentukan.

“Kita harapkan ini tidak hanya sekedar RTH juga sebagai tempat edukasi dan wisata di Tanah Laut. Nilai anggaran pembangunan lebih kurang 2,8 miliar rupiah. Sampai hari ini, 20,7% untuk progresnya. Kami sampaikan, agar pekerjaannya lebih dipercepat dari target yang ditentukan,” ujar H. Arkani.

Selanjutnya Kepala Bidang Tata Kota Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Tala Gusti Erzandi menyampaikan rasa syukur karena dalam proses pembangunan dan penataan kota mendapat dukungan dari banyak pihak. Ia juga optimis bahwa pihaknya akan terus melanjutkan penataan kota.

“Alhamdulillah dukungan legislatif dan eksekutif sangat luar biasa. Selain itu juga pembangunan ini mendapat antusias dan dukungan dari masyarakat. Semoga kita terus bisa menata kota ini hingga menjadi lebih baik lagi,” kata Erzandi.

Erzandi menambahkan bahwa ketiga kegiatan pembangunan dan penataan tersebut direncanakan akan rampung pada tahun ini. Sedangkan rencana pembangunan Sport Center pada RTH Hasan Basri akan dimulai pada akhir Tahun 2021.

Turut berhadir pada peninjauan ini Anggota DPRD Tala dan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan Tala. (MP/Diskominfo Tala/RSD/RZ).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.