oleh

Isman : mengaku senang dapat layanan Gratis pembibitan Hewan

mediapublik. Batu Ampar-Tala

Kehadiran pelayanan rutin dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Tanah Laut (Tala) melalui UPT Puskeswan Batu Ampar disambut baik oleh salah satu warga Desa Damit.

Manfaat pelayanan itu dirasakan oleh warga Desa Damit, Isman mengaku senang setelah menerima menggunakan pelayanan menerima perbibitan dan kesehatan hewan rutin secara gratis di Desa Damit Kecamatan Batu Ampar pada Rabu (19/1/2022).

“Jenis sapi yang dominan dipelihara Jenis Sapi Bali, kami berharap pelayanan dari Disnakkeswan Kabupaten Tanah Laut bisa diadakan tidak hanya sekali dalam setahun, kalau bisa ditambah kunjungan pelayanan ke Desa Damit,” harapnya.

Sementara itu, drh. Rina Wulansari selaku Kepala UPT Puskeswan Kecamatan Batu Ampar menjelaskan bahwa pelayanan kesehatan hewan kali ini dihadiri langsung Kepala Disnakkeswan Tala beserta jajarannya.

Setiap tahun pihaknya akan membuat pelayanan gratis berupa cek kesehatan hewan, suntik vitamin, suntik vaksin, pemberian obat cacing dan pemeriksaan hewan. Ia pun menerangkan alur pemeriksaan secara teknis.

“Sehari sebelumnya sudah dikoordinasikan oleh kawan-kawan dari UPT Puskeswan Batu Ampar kepada kelompok ternak, Ketua RT atau pemilik sapi akan adanya pelayanan ini. Keesokan harinya petugas melakukan pelayanan dengan mendatangi kandang ke kandang para peternak,” terangnya.

Dijelaskannya pula bahwa sapi akan mendapatkan pelayanan oleh tim teknis, dokter hewan maupun paramedik. Ternak akan diperiksa apakah kondisinya sehat.

Apabila ada sapi betina yang bunting maka akan dilakukan pemeriksaan kebuntingan. Sedangkan untuk penanganan sapi yang sakit, akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Jika diperlukan akan dilakukan tindakan pengobatan sesuai dengan hasil pemeriksaan.

Dalam laporannya, drh. Rina Wulansari menyampaikan total akseptor yang dilayani pada kesempatan tersebut adalah 17 ekor yang terdiri dari 7 ekor Sapi Jantan, 10 ekor sapi betina. Pelayan yang diberikan berupa vaksinasi Jembrana dan SE, Pemeriksaan Kebuntingan, pemberian Vitamin dan Obat Cacing.

Lebih lanjut, Kepala Disnakkeswan Tala H. Iwan Persada turut menyampaikan bahwa pelayanan kalai ini merupakan sikap pro-aktif dari Disnakkeswan Tala karena tanpa permintaan dari desa, Disnakkeswan Tala telah menerjunkan dua timnya dari bidang pembibitan dan bidang kesehatan hewan. Ia berharap warga dapat memanfaatkan momen pelayanan kesehatan hewan  yang bertujuan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di desa-desa.

“Gunakanlah momen yang berharga ini untuk kegiatan pelayanan dari dinas, kemudian silakan bisa pro-aktif berkomunikasi dengan Dinas Peternakan atau petugas-petugasnya kalau ada masalah dengan ternaknya,” harapnya.(MP/ Diskominfo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed