oleh

Menpar Arief Yahya : Hari Jadi Kalsel Layak Masuk Jadi Calender of Event

Banjarmasin, mediapublik.net

 Perhelatan Hari Jadi Provinsi Kalsel ke 69  dengan jargon “Barakat Unggul, Banua Unggul” di Tugu 0 kilometer Kota  Banjarmasin berlangsung spektakuler dan meriah, Rabu (14/8) siang.

Pasalnya selain dihadiri para ASN di kabupaten/kota se Kalsel juga dihadiri puluhan  ribu warga yang berdatangan dari berbagai pelosok.

Masyarakat dijamu kuliner khas Kalsel gratis  yang berjejer di sepanjang jalan. Warga juga dihibur dengan penampilan sinoman hadrah secara kolosal di atas kapal tongkang, penampilan teater, pembacaan puisi.

Kemeriahan perayaan Harjad Kalsel ke 69 tersebut disaksikan langsung oleh  Menteri Pariwisata RI (Menpar) Arief Yahya bersama Wamenlu AM Fachir.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin  mengungkapkan bersyukur, karena pekerjaan yang telah dilakukan beberapa tahun ini mendapat apresiasi.

“Beliau (Menteri Pariwisata) siap membantu Kalsel menuju destinasi wisata yang mendunia yakni Unesco Global Geopark (UGG). Semoga dapat terwujud hajat masyarakat kalsel dan indonesia,” kata Paman Birin.

Kepada segenap warga Kalsel gubernur juga  berpesan kepada masyarakat untuk semakin giat bekerja dan tugul serta terus menggelorakan semangat kebersamaan, kekeluargaan, dan gotong royong yang telah diwariskan oleh para pejuang dan pahlawan.

“Kita harus meneladani perjuangan para pahlawan dan kita buktikan bahwa hari ini kita bisa meneladaninya dan kita isi kegiatan pembangunan hari ini dengan bekerja keras untuk menuju masyarakat yang sejahtera,” harap Paman Birin.

Sementara Menpar Arief Yahya mengatakan agenda harjad ini layak masuk ke dalam Calender of Event. Ia mengapresiasi berbagai acara dalam memeriahkan Harjad Kalsel kali ini.

Bagi kemajuan pariwisata di Kalsel, Arief Yahya menyatakan siap mendukung Kalsel agar Geopark yang ada di Pegunungan Meratus mendapat perhatian dunia.

“Kami dari Kemenpar RI akan membantu agar Geopark Meratus menjadi UNESCO Global Geopark (UGG),” janjinya.

Puncak acara ditandai dengan dentuman meriam beberapa kali dan pemotongan nasi tumpeng oleh Paman Birin.

Usai itu gubernur juga melakukan prosesi tapun tawar kendaraan operasional BRT Banjarbakula serta memberikan piagam penghargaan kepada ASN dan penyuluh berprestasi.

Paman Birin juga sempat melakukan dialog santai lewat  video teleconference dengan masyarakat dan unsur pimpinan di daerah yang ikut menyaksikan siaran langsung perayaan Harjad lewat dua stasiun TV lokal. Yakni dengan warga di Tabalong, Tanbu, Kabupaten Banjar dan HSS.

Usai perayaan, Paman Birin  didampingi Wagub Rudy Resnawan mengajak Menpar dan para kepala daerah se Kalsel yang berhadir berbaur dengan warga untuk mencicipi kuliner khas Kalsel yang telah disediakan.

Menpar Arief Yahya,  Wamenlu AM  Fachir dan Paman Birin juga berkesempatan melihat sekaligus menilai karya foto wisata kabupaten/kota se Kalsel. Acara diakhiri dengan foto bersama dan obrolan santai Paman Birin dan Menpar serta anggota forum pimpinan daerah Kalsel di Taman Tugu 0 kilometer. (MP/bdm/ary)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.