Pemberangkatan Calon Jamaah Haji Kalsel Ramah lansia

mediapublik.net, Banjarbaru

Pelayanan pemberangkatan dan pemulangan jemaah CALON haji (jch) Kalimantan Selatan (Kalsel) pada embarkasi HAJI Syamsuddin Nor Banjarmasin dipastikan untuk kloter pertama 30 Mei 2023.

Tamu” Allah ¬†yang tergabung dalam kloter pertama ini, sehari sebelumnya sudah masuk asrama haji Banjarbaru atau 29 Mei 2023 untuk persiapan pemberangkatan.

Sedangkan untuk pelayanan jemaah calon haji selama berada di asrama haji Banjarbaru, mulai tahun ini lebih diprioritaskan bagi jemaah calon haji yang ramah lansia.

Kepala UPT Asrama Haji Banjarbaru pada embarkasi Banjarmasin H.A.Haris dikonfirmasi wartawan mediapuik.net diruang kerjanya rabu 3/5/23 mengatakan, dalam pelayanan terhadap tamu” Allah mulai tahun ini sifatnya adalah yang ramah lansia.

Kenapa demikian tegas Haris pihaknya bersama jajaran PPIH Kalimantan Selatan berkomitmen menerapkan yang sifatnya ramah lansia.

Untuk itu, pihaknya kini terus berbenah melengkapi sarana dan prasarana dilinggkungan asrama haji dalam menunjang yang diperlukan jemaah calon haji terutama mereka yang lansia.

Sarana dan prasarana penunjang tersebut Haris menambahkan, diantaranya untuk toelit sebelumnya jongkok, sekarang diganti semua duduk.

Disamping itu, pihaknya juga menyediakan beberapa kursi roda untuk lansia, dan 2 unit bis mini untuk jemput dan antar jemaah calon haji lansia dari kamar menuju akses ke ruang induk jamal rahmah atau ruang makan.

Dalam pelayanan ramah lansia ini pihak asrama haji juga telah melakukan koordinasi lebih awal dengan Imigrasi, Kantor kesehatan pelabuhan, Angkasapura, dan pihak Garuda serta jajaran kemenhub.

Sebab pelayanan masuk asrama haji sekarang sistemnya tambah Haris telah berubah. Mereka tamu” Allah ini dilayani hanya satu pintu dan harus cler dari mulai pendekomenan, kesehatan, pemasangan gelang hingga penukaran leving kost atau uang. Sehingga mereka masuk asrama diberikan istirahat full tidak bolak balik seperti tahun” sebelumnya untuk mengurus diarahkan loket” pelayanan.

Disinggung dukungan dan respon dari pihak terkait dalam hal ini perbankan belum optimal. Pada hal pihaknya jauh” hari sebelumnya sudah menyurati untuk berpartisipasi. Diharapkan sebelum aktivitas dilingkungan asrama haji mereka segera diminta berkoordinasi dengan petugas asrama haji.

Pelayanan di asrama haji kini memasuki kembali normal setelah covid 19, Haris juga meminta dukungan masyarakat untuk bekerjasama diantaranya para pengantar cukup berpusat yang ditentukan masing” Pemda setempat dan tidak perlu sampai ke asrama haji, pungkasnya.(hafrud).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *