oleh

Ratusan Pengunjung hadiri Acara Selamatan Laut Desa Pagatan Besar

mediapublik.net, Pagatan Besar-Tanah Laut

Ratusan keluarga nelayan pesisir desa Pagatan Besar Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut (Tala)  memenuhi  15 buah kapal yang berangkat dari dermaga desa menuju laut lepas yang masih tidak jauh dari bibir pesisir pantai Desa Pagatan Besar Minggu (7/7).

Dikoordinir Kepala Desa Pagatan Besar Hamberani dengan mengikutkan Tokoh agama KH M Juchran Erfan, Bupati Tala yang diwakili Staf Ahli bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik  Pemkab. Tanah Laut  M Mursyi dan rombongan,acara selamatan Laut Desa Pagatan Besar Kabupaten Tala digelar mulai dari tebing pembacaan Maulud, kemudian dilanjutkan di perairan Laut dengan membacakan Yasin , Gurdah ditutup dengan doa.

Tradisi Selamatan Laut ini digelar Desa nelayan ini dilaksanakan setiap tahun dalam rangka untuk mengucapkan sukur kepada Allah yang sudah memberikan rejeki bagi pekerjaan warga yang bekerja dibidang Perikanan, ujar Kepala Desa Hamberani disampaikannya pada mediapublik.net usai acara Selamatan Laut.

Beliau juga berucap sukur alhmadulilah rangkaian kegiatan berjalan lancar dan ucapan terimakasih kepada warga yang sudah memberikan sumbangan baik moril dan materil serta kepada Bupati Pemkab. Tala yang diwakili Staf ahli Mursyi bersama rombongan  sudah bisa berhadir ditengah kami tutur Kepala Desa Pagatan Besar.

Kedepan Kades yang ramah ini berharap Selamatan Lautan ini disiapkan lebih baik lagi dengan menghadirkan lebih banyak lagi warga dan para Pejabat Daerah. Sebab hari ini pengunjung yang hadir tak hanya dari Tala tapi ada juga dari Banjarmasin, Banua Enam Hulu Sungai Tengah yang ingin menyaksikan bagaiman acara selamatan Laut dalam pergelarannya.

Selamatan Laut , momentum ini tak hanya sebagai Acara Ungkapan rasa sukur Pada Allah tapi juga bisa menjadi kalender event Wisata bagi Tala jika dikemas dengan lebih apik menarik untuk dijual , sehingga baik bagi desa maupun Pemerintah akan memberikan manfaat dalam pembangunan Pemerintahan, ujar Hamberani.

Semetara itu Kepala Desa Tabanio Madiansyah memberikan acungan jempol buat Desa Pagatan besar bisa menyelenggrakan acara selamatan laut ini. Semoga tahun depan lebih meriah lagi. (Daus)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.