oleh

Sungai Hunafa Akan Dibenahi

 

mediapublik.net , Banjarmasin

Meski Dinas Sungai sebelumnya sudah melakukan penataaan kawasan sungai baik besar  dan kecil namun kondisi sungai Banjarmasin masih belum semuanya membaik. Apalagi kewenangan kehususan saat ini pengurusan sungai ini hanya ada dibidang.

Ini diungkapkan  Kabid. Sungai Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR)  Banjarmasin Thoni dikemukakannya pada mediapublik.net di ruang kerjanya Senin (10/8) sembari menarik maskernya keatas lebih tinggi agar menutup hidungnya yang lagi alami flu.

Terkait dengan  penataan Sungai saat  ini yang dilakukan oleh bidang sungai di Kota Banjarmasin Dinas  PUPR  terus berupaya menormalisasi sungai dengan cara pengerukan dan cara sederhana mengambil lumpur yang volumenya  sesuai dengan anggaran yang ada, akan tetapi untuk tahun 2020 pengerjaan fisik sungai  di nolkan

Menunjuk Sungai Hunafa di Banjarmasin Utara Kelurahan Sungai Miai yang bermuara  di sungai Awang  dengan klas kecil  sebelumnya merupakan lintasan perahu motor menuju sungai Antasan yang membelah jalan Sultan Adam semakin menyempit dangkal  bahkan mulai menutup sungai karena korban dari suburnya pemukiman ditepian sungai.  Hal itu akan jadi perhatian ujar Thony.

Diakui kenapa sungai sungai di Banjarmasin mengalami penyempitan  karena keberadaan bangunan lebih mendahului dari pada hadirnya peraturan penataan sungai selain itu kurangnya pengawasan  seiring bertumbuhnya pemukiman ditepian diatas sungai.

Kedepan Pemko Banjarmasin  melalui bidang Sungai   PUPR Banjarmasin  akan melakukan identifikasi membenahi wilayah sungai  diantaranya Sungai Hunafa  agar dapat tertata dengan baik. Dimulai dari  pelebaran pengerukan dan penyiringan.

Selanjutnya  berusaha membuka kembali jalur sungai   dengan cara  melakukan pendekatan secara persuasive, sosialisasi  dengan masyarakat sekitar, yang difalitasi RT, Lurah dan Kecamatan  dengan dasar SK Perwali 2011 akan ada aset Sungai  yang dapat dijadikan dalam  melaksanakan  identifikasi  penataan sungai tersebut. (MP)

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.