oleh

Targetkan 25 ekor Sapi di Inseminasi

mediapublih.net, Takisung-Tala

Sebagai bentuk upaya memicu Birahi pada Sapi atau disebut juga Gertak Birahi, para petugas PT Puskeswan Takisung melakukan pemeriksaan alat reproduksi dan pemberian hormon pada Sapi Betina dari kandang ke kandang di Desa Sumber Makmur Kecamatan Takisung, Minggu (02/08).

Gertak Birahi dilakukan untuk mendapatkan sekelompok ternak yang mengalami birahi dalam waktu yang bersamaan sehingga memudahkan dalam proses perkawinan yang dilakukan dengan teknik inseminasi buatan (IB).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala UPT Puskeswan Takisung drh.Purwaningsih yang didampingi dua orang orang petugas. Kegiatan dilakukan dengan mendatangi ternak dari kandang ke kandang untuk melakukan pemeriksaaan kondisi sapi betina yang ada di Desa Sumber Makmur.

Kali ini menargetkan sebanyak 25 ekor sapi betina yang nantinya bisa di Inseminasi Butan pada tanggal 5 Agustus 2020.

Sebelum melaksanakan penyuntikan hormon, petugas memastikan bahwa sapi betina harus dalam keadaan sehat, tidak kurus (kaheksia), dan sapi tidak dalam keadaan bunting. Karena bila sapi sedang bunting dan penyerentakkan birahi dilakukan maka keguguran akan terjadi. Oleh karena itu sapi yang ditarget untuk Gertak Birahi ini diperiksa satu per satu dengan penuh kehati-hatian.

Perkawinan pada ternak sapi tidak bisa dilakukan disembarang waktu karena ternak sapi betina memiliki waktu tertentu untuk dapat dikawinkan atau yang disebut adanya siklus birahi. Siklus birahi pada ternak sapi adalah sekitar 21 hari. Artinya secara normal ternak sapi bisa dikawinkan setelah siklus berikutnya terjadi atau 21 hari kemudian.

Perkawinan ternak ruminansia diluar waktu birahi tidak akan terjadi kebuntingan. Dengan adanya teknologi di bidang peternakan, siklus birahi pada ternak sapi bisa direkayasa atau diperpendek, salah satu dengan gertak birahi.

“Untuk mendapatkan keberhasilan Inseminasi Buatan harus dilakukan pada waktu yang tepat yakni saat sapi betina sedang birahi” terang drh. Purwaningsih.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ferry Kusmana, Kepala Bidang Perbibitan, Produksi dan Pakan Disnakkeswan Kab Tanah Laut yang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan  rangkaian kegiatan layanan terpadu yang akan dilaksanakan di Desa Sumber Makmur pada tanggal 5 Agustus 2020 nanti.

“Diharapkan pada tanggal tersebut bisa terpenuhi target sapi betina yang birahi dan siap untuk di Inseminasi Buatan paling tidak sebanyak 20 ekor dan mudahan bisa lebih,” ujar Ferry.

Kegiatan Layanan Terpadu Gratis Perbibitan dan Kesehatan Hewan ini dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan berkerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Tanah Laut untuk mensukseskan Program Sikomandan (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri).

Nantinya pada kegiatan layanan tersebut akan dilaksanakan kegiatan Inseminasi Buatan serentak, Pemeriksaan Kebuntingan dan Kesehatan Hewan, pemberian obat cacing serta vitamin secara gratis. (MP/Disnakkeswan / Diskominfo Tala)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.