oleh

Wabup serahkan LKPJ TA 2021, UMKM jadi pendorong tingkatkan perekonomian

medipaublik.net, Pelaihari

Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta melalui Wakil Bupati Abdi Rahman menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) pelaksanaan pemerintahan untuk Tahun Anggaran 2021 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tala dalam agenda Rapat Paripurna di Aula Gedung DPRD Tala, Senin (28/3/2021).

Sebelum menyerahkan buku LKPJ tersebut, Abdi Rahman membacakan laporan secara umum tentang capaian kinerja pemerintahannya bersama Bupati Sukamta selama tahun 2021. Dari laporan tersebut terungkap laju pertumbuhan ekonomi di Tala mengalami peningkatan cukup signifikan di tahun 2021.

“Karena merebaknya pandemi sejak awal tahun 2020 dan beberapa bencana alam yang terjadi telah memperlambat laju pertumbuhan ekonomi kita hingga minus 1,95 persen, alhamdulillah sampai akhir tahun 2021 kemarin kita mampu bangkit dengan beberapa kebijakan pemulihan ekonomi hingga laju pertumbuhan ekonomi kita berada di angka 3,47 persen”, ungkap Abdi.

Menurut Abdi yang menjadi salah satu sebab laju perekonomian di Tala cukup meningkat di tahun 2021 adalah peran pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terus bertambah di Tala. Hal ini menurutnya juga tidak lepas dari terlaksananya salah satu program unggulan pemerintah yaitu bantuan permodalan kredit tanpa agunan dan bunga nol persen untuk pelaku UMKM.

“Alhamdulillah, komitmen saya bersama pak bupati untuk meningkatkan UMKM kita bisa terwujud dengan program Gerakan Peningkatan Usaha Rakyat Melalui Kredit Tanpa Bunga Bagi Ekonomi Lemah atau GAPURA KAROMAH.

Dari tahun 2019 sampai tahun 2021 kemarin kita telah menginvestasikan dana sebanyak Rp 25 miliar dengan rincian yang telah disalurkan ke kredit sebanyak Rp 12 miliar dan dana yang dikelola Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Tala sebanyak Rp 13 miliar”, pungkas Abdi.

Usai menyerahkan LKPJ secara simbolis kepada Ketua DPRD Tala Muslimin, Abdi berharap di tahun ke empat pemerintahannya bersama Bupati Sukamta saat ini dapat terus berjalan dengan maksimal. Ia pun mengajak DPRD Tala dan seluruh pihak untuk saling bekerja sama bergotong royong melaksanakan amanah pembangunan.(MP/Prokopim)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.