oleh

Wabup Tala : RAPBD 2021 diprediksi Rp 1,3 triliun

mediapublik.net, Pelaihari

Wakil Bupati Tanah Laut (Tala) Abdi Rahman menyampaikan Nota Keuangan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Tala Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Tala,  Senin (26/10).

Dalam Raperda APBD 2021 yang dibuka secara langsung oleh Ketua DPRD Tala Muslimin, Wakil Bupati Tala mengatakan untuk penyusunan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2021 ini sangat berbeda dengan Rancangan APBD tahun-tahun sebelumnya, dimana terjadi perubahan struktur yang cukup signifikan, dikenalkannya sub kegiatan dan diharuskannya pemerintah daerah menggunakan sistem informasi baru (SIPD) yang terintegrasi secara nasional yang sampai saat ini masih terus dalam proses penyempurnaan.

Lebih lanjut Abdi menuturkan, RAPBD tahun anggaran 2021 di sektor pendapatan daerah diprediksikan sekitar Rp1,3 triliun dan mengalami penurunan sebesar 11,59% jika dibandingkan dengan target pendapatan pada APBD murni tahun anggaran 2021 sekitar Rp 1,5 triliun.

Dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tala tahun 2021 telah ditetapkan prioritas pembangunan daerah Tala untuk tahun 2021 dengan mengarahkan kebijakan tersebut pada  peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengurangan kemiskinan dan transformasi ekonomi, peningkatan pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan tata kelola birokrasi pemerintahan.

Sementara itu, RAPBD untuk pengeluaran pembiayaan daerah tahun 2021 dianggarkan sebesar Rp15 miliar dengan rincian penyertaan modal kepada PT. BPD Kalsel sebesar Rp10 miliar dan pemberian pinjaman berupa investasi langsung kepada Lembaga Keuangan Bank/Lembaga Keuangan Bukan Bank yang digunakan untuk pinjaman modal usaha kepada pelaku usaha kecil dan menengah dengan bunga 0% sebesar Rp5 miliar.

“Untuk hal yang masih belum jelas yang diperlukan dalam proses penyempurnaan RAPBD  2021 kiranya dapat dibicarakan dalam rapat kerja selanjutnya. Kami percaya RAPBD ini dapat segera dibahas dan memperoleh persetujuan DPRD, dan untuk selanjutnya pada saatnya nanti ditetapkan menjadi Peraturan Daerah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” harapnya.

Turut berhadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Tala H Dahnial Kifli, Kepala Bappeda Andreas Evony, Kepala BPKAD Muhammad Darmin, Kepala Bapenda Surya Arifani, dan anggota DPRD lainnya.(MP/Humas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed