oleh

Kapoksahli Danpusterad Pertanyakan ke Bupati Teritorial Tala

mediapublik.net-Pelaihari

Bupati Tanah Laut  H. Sukamta lakukan audiensi dengan Ketua Kelompok Staf Ahli Komandan Pusat Teritorial (Kapoksahli Danpusterad) Angkatan Darat Brigjen TNI Eko Susetyo didampingi  Dandim 1009 Pelaihari Letkol Inf. Adi Yoga Susetyo di Kantor Bupati, Rabu (22/7).

Brigjen TNI Eko Susetyo, menjelaskan pihaknya mengkaji sistem pertahan terbaru dari UU No. 23 tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara, yang dalam penerapannya harus melibatkan banyak stakeholder, salah satunya adalah pemimpin daerah.

“Bapak Bupati sebagai salah satu partisipan penelitian kita untuk mengetahui kira-kira seperti apa di Tanah Laut, apakah terkendala atau tidak,” ujar Eko.

Menurut Sukamta potensi serangan pertahanan dari musuh yang terbesar untuk Tala terlihat dari sisi geografis yaitu wilayah pantai yang luas.

“200 Km pantai kita itu kan sangat terbuka, bisa saja infiltrasi masuk dari sana, bisa saja narkoba masuk dari sana,  bisa saja intelijen asing yang berniat tidak baik masuk dari sana, oleh karena itu yang harus kita perbuat adalah kesadaran masyarakat dari bela negara,” ujar Bupati.

Bupati pun mengungkapkan dalam pertemuan itu telah disampaikan bahwa Kabupaten Tala memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia sebagai potensi pertahanan bela negara.

“Dalam keadaan genting negara, rakyat kita cukup potensial menjadi pasukan cadangan untuk pertahanan negara. Patron kita adalah ulama di Tanah Laut ini jadi  pengikat paling kuat untuk mempertahankan kewilayahan, tokoh-tokoh setempat.

Ulama itu kan yang paling dipercaya, paling didengarkan kata-katanya, sehingga ketika nanti kita memang harus berperang, ulama mengatakan saatnya kita harus berjihad, maka saya yakin semua rakyat kita akan turun ke medan pertempuran,” ungkap Bupati (MP/Diskominfo Tala)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed