oleh

Penilaian posyandu dan kader, upaya tingkatkan peran masyarakat dalam menyelesaikan masalah kesehatan

mediapublik.net, Pelaihari

Bertempat di Posyandu Melati Desa Sumber Mulia Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Melati Desa Sumber Mulia Kecamatan Pelaihari mendapatkan penilaian dari Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Senin(1/8/22).

Bupati Tanah Laut (Tala) yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Tala Drs. H. Dahnial Kifli M.AP menyampaikan kehadirian posyandu dapat membantu pemerintah dalam hal memberikan kesehanatan pada masyarakat, mencintai lingkungan dan membuat pola hidup yang sehat sehingga tingkat partisipasi masyarakat meningkat.

“Dengan adanya kegiatan penilaian posyandu dan kader ini adalah upaya meningkatkan peran masyarakat dalam menyelesaikan masalah kesehatan seperti  penurunan angka kematian ibu dan bayi serta stunting dan kami bangga pada psoyandu Melati Desa Sumber Mulia sebagai perwakilan Tala karena telah melakukan pelayanan aktif, terbaik dan telah melakukan inovasi” Kata Dahnial.

Salah seorang anggota Pokjanal Posyandu Tala sekaligus Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Tala Yuliansyah menyampaikan bahwa penilaian posyandu tingkat provinsi kalsel ini adalah penilaian tahap pertama yang dilaksanakan secara daring.

“Kita berharap posyandu lainya yang ada di Tala dapat meniru inovasi yang telah Posyandu Melati Desa Sumber Mulia lakukan, nanti hasil penilaian diverifikasi oleh tim penilai dari provinsi dan jika berhasil masuk nominasi akan ada kunjugan lapangan”Kata Yuli.

Ketua Posyandu Melati Desa Sumber Mulia Suprihatin menyampaikan persiapan yang dilakukan dalam mengikuti penilaian tingkat provinsi tersebut dengan memberikan pelayanan menjadi meja sembilan dan telah melakukan lima inovasi.

“Kita memiliki inovasi andalan seperti  pilah sampah kumpul antar jadi emas  (Pikul emas), Kunjungan rumah balita (Kurma), Reward bayi dan balita (Renita), Istana anak sehat (Nasehat) dan Gerakan aparatur desa peduli posyandu balita (Gempita)” Kata Suprihatin.

Turut berhadir kepala DPMD Tala, Kepala DP2KBP3A Tala, Wakil Ketua II TP-PKK Tala, Perwakilan Dinkes Tala, Perwakilan Diskomimfo Tala, Camat Pelaihari, Kepala Desa Sumber Mulia dan Tim Pokjanal Tala. (MP/Diskominfo Tala).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.