oleh

Walikota Ibnu resmikan Pasar Wadai yang dikelola Kadin Banjarmasin

mediapublik.net, Banjarmasin

Support luar biasa dari Walikota Banjarmasin Ibnu Sina berkesempatan pada Puasa pertama bulan Ramadhan 1443 Hijriyah meresmikan Pasar Wadai Pojok Ramadhan yang di kelola Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Banjarmasin Minggu (3/4) di lapangan Kamboja Banjarmasin.

Sesuai Intruksi Walikota pada tahun ini kepada Para Camat di Kecamatan Banjarmasin agar Pasar Wadai dapat dilaksanakan per Kecamatan, hari ini yang dibuka Pasar Wadai di Kamboja ini berada di Kawasan Banjarmasin Tengah.

Kegiatan pasar wadai ini adalah dalam rangka menghidupkan kegiatan perekonomian warga Banjarmasin, supaya tersebar tak hanya terpusat di Banjarmasin Tengah saja tetapi di Kecamatan lainnya sedangkan  sebelumnya terpusat di depan balai kota Pemko Banjarmasin.

Berikutnya ujar Walikota Banjarmasin secara bergiliran mendatangi Pasar Wadai di Kecamatan lain, hal ini dilakukan untuk memberikan semangat UMKM termasuk Panguyuban  Pasar Wadai agar lebih antusias, hal mana tahun ini kita belum sempat mengalokasikan dana APBD di Pasar Ramadhan sehingga Pasar wadai tahun ini  diberikan kesempatan kepada masing- masing Kecamatan untuk menggandeng dunia usaha .

Kondisi ini menurut Walikota muda ini sangat bagus dalam melibatkan partisipasi swasta dan mudahan tak  mengurangi makna dari  puasa kita kemeriahan Ramadahan tahun ini dengan hadirnya Pasar Wadai Ramadhan dengan berbagai bentuknya masing-masing.

Walikota Ibnu berharap dengan terbukanya Pasar Wadai ini bisa membantu kaum muslimin yang berpuasa untuk mencari makan minum untuk berbuka puasa Ramadhan.

Kepala Dinas Perdagangan Pemko. Banjarmasin Icrom Muftezar yang mendampingi Walikota Ibnu pada mediapublik mengatakan gelaran pasar Wadai Pojok Ramadhan ini adalah baik sekali dalam rangka pemulihan ekonomi nasional di Banjarmasin , mudahan geliat ekonomi semakin baik , UMKM semakin berkiprah dalam rangka memperbaiki ekonomi rakyat akibat dampak pandemi covid 19.

Semoga tujuan dari Pasar wadai ini dapat memenuhi keinginan masyarakat untuk menyediakan makanan minuman  dalam berbuka puasa dan juga perbaikan ekonomi UMKM Banjarmasin.

Ditempat sama Ketua KADIN Banjarmasin M Akbar Utomo Setiawan  mengatakan alhamdulilah Pasar Wadai Pojok Ramadhan dapat dibuka oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina. Ini kegiatan  pertama kali gelaran bagi KADIN  Banjarmasin.

Berharap  semoga  90 Tenan dengan berbagai makanan minuman yang mengisi Pojok Ramadhan ini ikut mendorong menaikan  roda perekonomian UMKM Banjarmasin. Apalagi jika melihat dua tahun terakhir tak ada pasar wadai Ramadhan digelar saat itu, ini  membuat keprihatinan KADIN Banjarmasin dalam mengambil Langkah bagaimana caranya agar ekonomi dapat bergeliat Kembali.

Inila yang menjadi dasar semangat kenapa KADIN Banjarmasin berinisiatif untuk mengadakan membuka Pasar Wadai Ramadhan dan alhamdulilah mendapat sambutan dukungan dari Walikota Banjarmasin dan Kecamatan serta dari Panguyuban UMKM yang sudah berusaha selama puluhan tahun dibidang ini.

Atikah salah satu tenan yang menjual  wadai Ipau, Petah arab, masakan Kambing  mengucapkan rasa gembiranya sudah mendapat kesempatan dapat berdagang menyiapkan wadai untuk masyarakat yang berbuka puasa Ramadhan di Pojok Ramadhan ini, maklum kami sudah dua tahun terakhir ini tak bisa berdagang akibat pandemi.

Kita sangat merasakan berjualan langsung sangat terasa peningkatan omzetnya dibanding dengan berjualan online. Kedepan gelaran Pasar Ramadhan ditahun berikutnya  dapat  lebih baik lagi dan pembelinya semakin ramai, ujar Atikah. (MP/ Zahir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.